Infoku Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan unik

Infoku Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan  unik - terbaru menarik maximal sekali ajib azik ada dari Infoku Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan  unik.

Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan

  • Pengertian Psikologi
Psikologi Menurut arti kata,maka Psikologi sering diterjemahkan menjadi ilmu jiwa. Yakni dari kata psycho yang berarti : jiwa, roh. dan logos yang berarti ilmu.
Sebenarnya definisi tersebut kurang tepat karena bertitik tolak dari pandangan dualisme manusia, yang menganggap bahwa manusia itu terdiri dari dua bagian jasmani dan rohani.
Psikologi adalah ilmu yang ingin mempelajari manusia. Yaitu manusia sebagai suatu kesatuan yang utuh antara Jasmani dan Rohani, yakni Manusia sebagai Individu.
Dengan singkat dapat kita katakan bahwa Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia Yang dimaksud dengan Tingkah laku di sini ialah Segala kegiatan/tindakan/ Perbuatan Manusia yang Kelihatan maupun yang Tidak Kelihatan, yang Disadari maupun yang Tidak Disadarinya termasuk di dalamnya yaitu Cara berbicara, Berjalan, Berpikir, Mengambil Keputusan, Cara Melakukan Sesuatu,Cara Bereaksi terhadap segala sesuatu yang Datang dari Luar Diri, maupun dari Dalam Diri.
Yang menjadi Obyek dari Psikologi adalah Manusia, Karena sifat-sifat Manusia yang Sangat Kompleks dan Unik.
Obyek Psikologi biasanya dibedakan menjadi 2 Macam : 1. Obyek Material, yakni obyek yang dipandang secara keseluruhan.2. Obyek Formal, jika dipandang menurut aspek yang dipentingkan dalam penyelidikan psikologi.
  • Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus penyandang cacat .
Pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli :
  1. Menurut Muhibin Syah (2002), pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
  2. Menurut  ensiklopedia amerika, Pengertian psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
  3. Tardif (dalam Syah, 1997: 13) juga mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
  4. Menurut  Witherington, Pengertian Psikologi pendidikan adalah  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
CEWEK BUGIL BARENG DI HOTEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar