Infoku Pelumasan Oli Mesin Honda C-Series unik

Infoku Pelumasan Oli Mesin Honda C-Series unik - terbaru menarik maximal ajib azik ssekali ada dari Infoku Pelumasan Oli Mesin Honda C-Series unik.

dibawah ini ada sedikit informasi tentang sistema model pelumasan Oli Mesin Pada Motor Honda C Series maximal menarik, dimana semua ini bisa anda jadikan wawasan tambahan untuk anda semua juga bisa jadi sumber inspirasi kita semua saja.

Memang Pelumasan Oli Mesin Pada Motor Honda C-Series belum semuanya anda tahu, memang sistem pelumasan oli mesin ini unik dan menarik sekali untuk dibahas bersama-sama. Dimana belum tentu di ulas dan di jabarkan pada suasana belajar dan sekolah sekalipun. Karena pengetahuan tentang sistem pelumasan oli mesin terutama pada motor Honda C - Series sangat di butuhkan sekali. Mari lihat saja bersama-sama dibawah ini.


Oli yang tertampung pada bagian bawah bak mesin, dihisap oleh pompa oli melalui kasa saringan Oli, kemudian oli terpompa dan didistribusikan melalui dua jalur saluran oli.

Jalur-1
Oli mengalir melalui Saluran Oli yang mengikuti jalur Baut stud Silinder (Cylinder Stud Bolt) hingga menembus sampai kepala Silinder ==> As Pelatuk dan As Noken. Dari As Pelatuk dan As Noken ini, oli menciprat ke sukucadang berikut:
- Pelatuk
- Tangkai dan Pegas Klep
- Sproket dan Rantai Mesin

Oli kemudian turun kebawah (efek gravitasi) dan tertampung kembali pada bagian bawah bak mesin.
Jalur-2

Oli mengalir melalui Saluran Oli pada Penutup kanan bak mesin (Right crankcase Cover) ==> Saringan Sentrifugal ==> Saluran Oli pada Kruk As ==> Laher Besar Stang piston (Connecting Rod Big end Bearing) dan saluran oli yang menuju sistem transmisi. Dari Laher Besar stang seher, oli menciprat ke sukucadang berikut:
- Laher kecil stang piston (Small end connecting rod)
- Liner Silinder
- Silinder
Oli kemudian turun kebawah (efek gravitasi) dan tertampung kembali pada bagian bawah bak mesin
POMPA OLI

Pompa oli pada sistem pelumasan Astrea Legenda menggunakan tipe TROCHOID. Tipe Trochoid didisain menggunakan dua buah rotor sebagai pengisap disatu sisi dan pembuang disisi lain.

Jumlah gigi rotor luar satu buah lebih banyak dibanding rotor dalam.
Untuk Astrea Legenda:
Jumlah gigi rotor dalam : 7
Jumlah gigi rotor luar : 8
Pemutar rotor tipe trochoid menggunakan sebuah As yang terpasang tetap pada Rotor dalam. Seiring dengan berputarnya rotor dalam, maka rotor luar ikut berputar mengikuti alur gigi-gigi rotor dalam.
Ada berbagai sumber yang digunakan sebagai penggerak As Rotor,
untuk honda astrea legenda, Sumber pemutar As Rotor: Sumbu pada sproket pemandu rantai mesin yang digerakan oleh rantai mesin.
Tidak seperti halnya rotor dalam yang terpasang tetap pada As rotor, rotor luar terpasang bebas antara rumah pompa dan rotor dalam. Pada saat rotor � rotor pompa berbutar, pergerakan bebas rotor luar menyebabkan celah yang bervariasi antara gigi-gigi rotor dalam dan gigi-gigi rotor luar.
Proses Hisap

Proses penghisapan Oli oleh pompa terjadi akibat adanya celah melebar antara gigi rotor dalam dan luar di sekitar lubang saluran oli masuk.
Proses Buang

Proses pemompaan Oli oleh pompa terjadi akibat adanya celah menyempit antara gigi rotor dalam dan luar di sekitar lubang saluran oli keluar.






Tag : Pelumasan Oli Mesin Honda C-Series
CEWEK BUGIL BARENG DI HOTEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar